03 Oktober 2017

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dari Wajah


SolupL - Bekas jerawat muncul karena perilaku yang buruk memperlakukan jerawat atau kulit wajah. Banyak orang punya kebiasaan memencet jerawat. Saat jerawat pecah, permukaan kulit menjadi rusak, sehingga meninggalkan bekas, seperti noda maupun lubang.

Oleh karena itu, bekas jerawat itu harus ditanggulangi agar tidak merusak penampilan. Perawatannya bisa dilakukan di rumah. Proses penyembuhan bisa cepat atau lama, tergantung seberapa besar bekas jerawat tersebut atau keseriusan menanganinya. Cobalah beberapa tips berikut: 
 
Ilustrasi.

* Selalu Bersihkan Wajah

Langkah awal dan paling penting untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menjaga kebersihan kulit wajah secara benar. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar produk pembersih wajah komersial justru mendatangkan lebih banyak masalah pada kulit. Hal ini terjadi karena terdapat kandungan deterjen di dalam produk sehingga bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

* Cuci Wajah dengan Benar

Wajah yang bersih dan bebas dari bekas jerawat tidak selalu bergantung pada jenis produk pembersih yang kamu gunakan, tapi juga bagiamana cara kamu dalam mencuci wajah. Pastikan untuk mencuci tangan kamu terlebih dahulu sebelum lanjut membersihkan wajah. Hal ini bertujuan agar kotorran dan bakteri yang ada di tangan tidak berpindah ke wajah dan menyumbat pori-pori.

* Mencuci Wajah dengan Susu

Selain mencuci wajah dengan benar, cucilah dengan bahan yang sehat. Sebaiknya gunakan susu murni, sebab susu memiliki kandungan asam laktat yang bisa bekerja mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus meratakan warna kulit.

* Gunakan Kulit Jeruk Kering

Kulit jeruk yang sudah kering merupakan pembersih alami yang sangat baik untuk mengatasi bekas jerawat. Alasannya karena kulit jeruk kaya akan vitamin C, diharapkan bisa membantu produksi kolagen serta memperbaiki sel-sel kulit. Terlebih untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, maka kulit jeruk akan membantu untuk mengangkat lapisan minyak tersebut. Belum lagi kandungan minyak asiri dari kulit jeruk yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit.

Keringkan kulit jeruk terlebih dahulu, akan lebih baik jika terkena paparan sinar matahari. Tumbuk kulit jeruk hingga berbentuk bubuk. Campurkan ½ sdt bubuk kulit jeruk tersebut dengan 1 sdt susu, yogurt, atau santan. Gosokkan secara perlahan ke wajahmu, dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas menggunakan air dingin.

* Lembapkan Kulit

Kulit yang kering bisa menimbulkan iritasi yang memperparah tampilan dari bekas jerawat. Utamakan untuk memilih krim atau losion yang organik. Produk seperti ini basanya ditandai dengan komposisi dari ekstrak tumbuhan anti-radang. Jadi, pastikan di dalam produk yang kamu gunakan itu terdapat komposisi dari tumbuhan seperti kamomil, lidah buaya, kalendula, teh hijau, atau oat.

Selain ekstrak tumbuhan, produk pelembap yang juga kami rekomendasikan adalah yang memiliki kandungan alpha-hydroxy acid. Kandungan ini efektif untuk menyamarkan bekas jerawat, di mana terdiri dari asam laktat, asam glikolat, asam sitrat, asam malat, dan juga asam tartarat.

Begitu pula dengan kandungan hyaluronic acid, sebuah humektan alami yang membantu untuk mempertahankan kelembapan kulit. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah penuaan sekaligus memperbaiki lapisan kulit terdalam, sebuah lapisan yang berpengaruh terhadap munculnya bekas jerawat.

* Gunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bekas jerawat yang juga patut kamu coba adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak kelapa memiliki campuran vitamin E dan asam lemak yang bisa menjadi anti-radang sekaligus melawan bakteri penyebab infeksi. Dengan demikian, proses menyembuhkan bekas jerawat itu bisa berlangsung lebih signifikan.

Minyak kelapa juga memiliki fungsi untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit sehingga mencegah pembentukan bekas jerawat yang baru. Cukup dengan mengoleskan 1-2 tetes minyak kelapa pada pagi dan malam hari, sudah sangat membantu untuk mengatasi kekeringan di wajah secara signifikan.

Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya gunakan minyak kelapa ini dalam takaran yang sedikit saja. Begitu pula intensitasnya yang hanya bisa berkisar dua kali dalam seminggu. Penggunaan minyak kelapa yang terlalu banyak justru bisa menyumpat pori-pori wajah sehingga merangsang pembentukan jerawat baru.

* Jangan Pencet Jerawat

Jika suatu hari wajah kamu ditumbuhi oleh jerawat yang baru, maka sebisa mungkin tahan hasratmu untuk memencet atau memecahnya. Bagaimanapun juga, kebiasaan seperti ini hanya akan meningkatkan resiko dari terbentuknya bekas jerawat yang baru. Dalam titik tertentu, memencet jerawat bisa menimbulkan penyebaran bakteri menjadi lebih banyak.

* Tidur Nyenyak

Pastikan bahwa waktu tidur kamu bisa konsisten dan lebih berkualitas dengan menghindari kafein, nikotin, dan alkohol sekitar 4-6 jam sebelum memasuki waktu tidur. Hal ini dikarenakan zat-zat tersebut bisa menjadi stimulan yang membuat tubuh kamu tetap terjaga. (berbagai sumber/int)
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar