03 Juni 2020

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Nasi Basi


Bagi Anda yang gemar atau hobi bercocok tanam di pekarangan rumah atau sedang melakukan kegiatan pertanian hidroponik, Anda harus mengikuti tren agrikultur, bukan hanya kultur teknis, tapi juga di bidang perpupukan.

Pupuk organik cair nasi basi.
Saat ini penggunaan pupuk organik sedang tren. Salah satunya adalah pupuk organik cair yang terbuat dari nasi basi. Pupuk jenis ini paling diminati karena khasiatnya memang manjur dan tak perlu diragukan.

Bahkan, pupuk organik ini bisa jadi lahan bisnis karena banyak peminat, dengan harga relatif tinggi.

Oleh karena itu, nasi basi di rumah karena bisa digunakan sebagai bahan utama pembuat MOL (Mikro Organisme Lokal), yaitu jenis pupuk yang mengandalkan mikro organisme.

Metode dan cara pembuatan pupuk organik cair dari nasi sebenarnya sudah ditemukan sejak lama, namun belakangan ini popularitasnya sedang naik daun.

Dengan menggunakan MOL, tanaman dan tanah di pekarangan rumah atau kebun akan lebih gembur dan terjauhkan dari segala macam hama mematikan.

Berikut cara membuat pupuk organik cair dari nasi basi:

Bahan-bahan:

- Nasi basi
- Wadah berukuran sedang
- Botol (saya menggunakan botol Aqua) 
- Gula pasir
- Alat-alat lain yang diperlukan

Cara Membuat:

- Ambil nasi basi, letakkan dalam wadah. Bisa dibiarkan begitu saja, bisa juga dibuat dalan bentuk bola-bola. Simpan di dalam wadah dan tutup sampai rapat. Tunggu sekitar 1 minggu sampai nasi basi sudah ditumbuhi jamur. Pastikan kamu tidak menyimpan wadah ini di bawah sinar matahari.
Setelah nasi berubah menjadi kuning kecoklatan, lakukan proses selanjutnya.
- Ambil gula pasir dan larutkan dengan air (perbandingan 1,5 liter : 5 sendok gula pasir). Gula digunakan sebagai sumber makanan jamur agar tetap tumbuh.
- Tuangkan larutan tersebut ke dalam botol berisi nasi basi yang sudah ditumbuhi mikroorganisme tadi.
- Masukkan ke dalam botol dan tutup kembali sampai rapat.
- Tunggu 4 sampai 5 hari. Apabila sudah mengendap, buka botol untuk mengeluarkan gas pupuk cair di dalamnya.
- Tutup kembali dan kocok botol agar nasi basi dan larutan gula tercampur hingga rata. Langkah ini bisa dilakukan dengan botol tertutup atau dengan mengaduknya.
- Simpan kembali botol pada ruangan tidak bercahaya matahari sampai pupuk organik cair beraroma tapai.
- Ketika sudah berbau, saring ampasnya, dan pupuk organik MOL sudah siap kamu gunakan.

Pupuk MOL nasi basi sudah bisa langsung Anda gunakan pada tanah pekarangan dan kebun kalian setelah dicampur oleh air terlebih dahulu. Lakukan proses ini dengan perbandingan 1 liter pupuk MOL nasi basi:5 liter air bersih.

Pupuk cair MOL bisa langsung kamu siramkan pada tanaman atau dicampurkan dengan sampah organik agar berubah menjadi pupuk kompos. ***

Tonton Videonya:


Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar