01 Oktober 2018

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan


Ada banyak jenis-jenis iklan. Ada jenis iklan berdasarkan isi, ada berdasarkan media yang digunakan, dan ada berdasarkan sifat dan tujuan. Berikut adalah jenis-jenis iklan berdasarkan media dan tujuannya:

1. Iklan Media Cetak

Contoh iklan media cetak.

Iklan ini dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Wujudnya iklan ini dapat ditemukan di koran, majalah, baleho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan ruang dan ukuran, setidaknya 3 bentuk iklan ini, yaitu:

- Iklan baris biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.
- Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
- Iklan display memiliki ukuran lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.

2. Iklan Media Elektronik

Contoh iklan media Televisi.
Iklan ini menggunakan media elektronik seperti televisi, radio, film dan lain-lain. Berikut penjelasannya:

* Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Berdasarkan wujudnya, iklan televisi dapat dikelompokkan beberapa jenis, yaitu:

- Live action: video klip yang memadukan unsur gambar, suara dan gerak secara serempak.
- Animation: iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar kartun (2 D/3D), dapa digambar dengan keterampilan tangan atau teknologi komputer.
- Stop Action: iklan televisi yang wujudnya berupa perpaduan antara live action dan teknik animasi sehingga menghasilkan efek dramatik.
- Musik: disampaikan melalui musik yang menjadi penyampai pesan. Maksudnya, iklan dibungkus di dalam alunan musik yang menjadi kekuatan pesan iklan.
- Superimposed: iklan televisi berwujud gambar iklan yang ditontonkan di atasnya gambar lain. Gambar biasanya ditontonkan di pojok layar sambil siaran tetap berjalan.
- Sponsor program: pihak pengiklan atau sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan yang menjadi imbalannya bisa menyampaikan pesan iklan.
- Running text: iklan di mana pesan ditampilkan keluar masuk secara perlahan, dari sisi kakan keluar sisi kiri.
- Property endorsement: iklan yang berwujud dukungan sponsor yang ditontonkan melalui berbagai bab yang digunakan menjadi kelengkapan properti siaran.
- Caption: iklan yang mirip dengan superimposed, namun pesan yang digunakan hanya berupa tulisan. Umumnya dipakai untuk mendukung iklan property endorsement.
- Backdrop: iklan televisi di mana pesan iklan ditontonkan di latar belakang acara yang diadakan.
- Credit Title: iklan di mana pesan iklan ditontonkan di bagian akhir ketika acara sudah selesai.
- Ad lib: iklan televisi di mana pesan iklan disampaikan dan disiarkan melalui penyiar secara langsung.
- Promo ad: iklan yang dibuat oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acaranya, hal ini untuk mengajak pemirsa tertarik mengenai acara yang ditayangkan.

* Iklan Radio

Iklan radio hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis. Umumnya, ada 3 jenis iklan radio

- Ad lib: disampaikan langsung oleh penyiarnya berupa siaran suara. Biasanya durasi tidak lebih dari 60 detik.
- Spot: disampaikan dengan teknik rekaman sebelumnya, sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu. Durasi waktu anata 15-60 detik.
- Sponsor program: pemberian waktu khusus kepada sponsor untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai suatu program acara radio.

3. Iklan Film

Iklan film wujudnya produk film/cinema. Jenis iklan ini tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar.

4. Iklan Media Digital (internet)

Contoh iklan media digital.

Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain:

- Website: iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
- Banner dan tombol: banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
- Sponsorship: iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
- Classified ads: iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
- E-mail advertising: iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.

5. Iklan Luar Ruang

Contoh iklan media luar ruang (billboard).

Iklan yang termasuk dalam kategori ini adalah iklan yang medianya mencakup audiens yang berada di luar rumah. Iklan ini muncul dan berpisah dari iklan media cetak, lalu perkembangannya yang dramatis. Jenis iklan ini, antara lain yaitu:

- Display: iklan yang ada di layar-layar display di luar ruangan.
- Mobile billboard: iklan yang memadukan antara billboard tradisional dan transit.
- Iklan transit: berupa penjelasan dari out of home media yang meliputi iklan di bus, taxi, terminal, stasiun dan lain-lainnya.
- Iklan ini berupa baliho standar sampai beragam ukuran. (berbagai sumber/int)

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar