01 Oktober 2018

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya


Ada banyak jenis-jenis iklan. Ada jenis iklan berdasarkan isi, ada berdasarkan media yang digunakan, dan ada berdasarkan sifat dan tujuan. Berikut adalah jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya:

1. Iklan Komersial

Contoh iklan komersial.

Iklan Komersial sering juga dikenal dengan iklan bisnis, tujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, yang utamanya meningkatkan penjualan. Iklan komersial ini bisa dibagi lagi menjadi:

- Iklan konsumen, yaitu dimaksudkan untuk mencari keuntungan bisnis, di mana pesan atau isinya iklan ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu yang memakai terakhir suatu produk.

- Iklan bisnis, yaitu iklan yang disampaikan dengan maksud mencari keuntungan ekonomi, sasaran pesan yang dituju yaitu lembaga yang akan mengolah/menjual produk yang sudah diiklankan kepada konsumen akhir.

- Iklan profesional, yaitu iklan yang disampaikan dengan maksud mencari keuntungan bisnis di mana khalayak sasarannya yaitu segmen khusus (para professional).

2. Iklan Non Komersial

Contoh iklan non komersial.

Iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.

Keuntungan sosial di sini dapat diartikan sebagai tambahan ilmu, kesadaran masyarakat terhadap perkara yang diiklankan, serta mencari citra bagus di mata masyarakat. (bbs/int)

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar