30 Mei 2020

Cara Membuat Pestisida Alami Jeruk Nipis dan Sabun Cair

Bagi Anda yang hobby bercocok tanam di sekitar rumah, Anda perlu memiliki pengetahuan membuat pestisida alami. Sebab pestisida kimia sangat tak baik digunakan untuk tanaman-tanaman di sekitar rumah karena residunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Ilustrasi.
Salah satu pestisida alami yang dapat Anda racik adalah jeruk nipis dan sabun cuci piring. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar dan sudah tua.
2. Siapkan sebuah wadah dan isi dengan 1 liter air atau sesuai kebutuhan.
3. Iris tipis-tipis jeruk nipis, berikut kulitnya, lalu masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air. Satu buah jeruk nipis idealnya digunakan untuk 1 liter air.
4. Selanjutnya ambil sabun cuci piring cair merek apa saja. Tuangkan 5 tetes atau 1/4 sendok teh ke dalam larutan air dan jeruk nipis. Takaran sabun tak boleh berlebihan, sebb jika kebanyakan justru akan membuat tanaman layu atau mengering.
5. Aduk-aduk ketiga bahan tadi (air, irisan jeruk nipis, sabun cair) hingga merata.
6. Biarkan selama 3-4 jam.

Setelah perendaman berlangsung selama 3-4 jam, saringlah larutan tersebut. Penyaringan ini dilakukan agar ampas irisan jeruk nipis bersih, agar tidak menyebabkan alat semprot macet.

Selanjutnya, ambil alat semprot, masukkan larutan yang sudah disaring ke dalam. Pestisida alami tersebut siap digunakan dan disemprotkan ke tanaman milik Anda.

Secara ilmiah tak banyak penjelasan mengenai resep ini. Tapi cairan sabun yang bercampur dengan air jeruk, termasuk kulitnya yang
 mengandung zat pengusir hama, bisa membantu anda mengendalikan hama tanaman.

Saya selalu menggunakan resep ini untuk tanaman-tanaman saya di rumah, termasuk untuk bunga-bunga, terbukti sangat ampuh. Hanya saja, penyemprotan harus dilakukan rutin dan konsisten. Sifatnya lebih kepada mengendalikan ketimbang membasmi. Selamat mencoba! 

Tonton Videonya:




Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar