07 April 2020

Ramuan Tradisional Penangkal Virus Corona


Virus Corona penyebab Covid-19 ditetapkan WHO pada bulan Maret 2020 menjadi salah satu pandemik membawa kekhawatiran di seluruh penjuru dunia. Serangan virus ini pun menyebabkan ketakutan di seluruh dunia karena sifatnya yang mematikan dan belum ditemukan vaksin atau obatnya.

Bagaimana pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangkal virus corona covid-19 tersebut? Anda dapat mencoba salah satu resep minuman tradisional di bawah ini. Meskipun secara akademik masih harus diuji, tapi paling tidak ramuan ini dipercaya bisa menangkal virus Corona.

1. Kunyit Asam
Kunyit Asam.

Kunyit asam telah dikenal di masyarakat sebagai jamu yang dapat meredakan peradangan, mengurangi mual, mengendalikan gula darah, dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkan jamu ini sebagai penangkal virus corona covid-19.

Bahan dan alat: kunyit, gula merah atau gula pasir, asam jawa, air, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya:

- Kupas kunyit hingga bersih lalu cuci bersih menggunakan air.
- Tumbuk kasar kunyit yang telah dikupas tersebut.
- Persiapkan air panas dengan merebusnya di panci bersih yang telah disediakan.
- Setelah mendidih, masukkan semua bahan lalu tutup panci.
- Rebus semua bahan dengan api kecil hingga matang. Tunggu hingga 20 menit.

Rasa dapat disesuaikan dengan selera Anda. Apabila dirasa kurang manis, Anda dapat menambahkan gula. Namun apabila kurang asin, Anda dapat menambahkan garam secukupnya. Setelah selesai dengan rasa, matikan kompor dan tuangkan ke dalam gelas menggunakan saringan. Kunyit asam Anda telah siap untuk disajikan.

2. Jamu Beras Kencur
Jamu Beras Kencur.

Bahan-bahan:

- Kencur, beras, daun pandan, air, gula jawa, garam, dan jeruk nipis secukupnya. Kemudian, alat yang digunakan antara lain pisau, panci, wadah, cobek dan ulekan atau blender, sendok.

Sebelum dimasak, beras direndam selama semalaman. Selain itu, gula jawa juga telah dipastikan telah disisir terlebih dahulu.

Cara Membuat:

- Rebus air hingga mendidih.
- Masukkan bahan yang dapat mencair terlebih dahulu seperti gula jawa dan garam.
- Tambahkan daun pandan agar lebih harum dan sedap.
- Masak dan aduk bahan-bahan tersebut hingga larut dan merata. Setelah selesai, diamkan beberapa saat.

Sambil mendiamkan rebusan tersebut, haluskan beras dengan diberi sedikit air gula dan garam. Sisihkan ke dalam wadah lain. Setelah itu, haluskan kencur dengan diberi sedikit air gula dan garam secukupnya kemudian campurkan dengan beras yang telah lebih dahulu dihaluskan. Setelah selesai, tuangkan ke dalan wadah menggunakan saringan agar ampas dapat dipisahkan.

Jangan buang ampas yang telah dipisahkan tersebut. Ampas beras dan kencur yang telah dipisahkan kemudian ditambahkan dengan sedikit air gula. Kemudian aduk hingga tercampur rata di dalam suatu wadah lalu saring kembali. Lakukan hingga air gula yang Anda persiapkan habis. Untuk mengurangi rasa pahit, Anda dapat menambahkan air jeruk nipis. Jamu beras kencur Anda siap untuk dikonsumsi.

3. Wedang Teh Jahe
Wedang Teh Jahe.

Untuk membuat wedang teh jahe, persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti air, teh, gula merah, garam, jeruk nipis atau asam jawa, dan jahe secukupnya. Kemudian persiapkan alat-alatnya seperti cobek dan ulekan, panci, dan sendok.

Cara membuatnya yaitu, pertama haluskan bahan-bahan yang telah dipersiapkan. Terpisah, rebus air selama 10 menit lalu masukkan teh. Aduk hingga merata. Kemudian masukkan bahan-bahan yang telah dihaluskan tersebut. Aduk kembali hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor. Wedang teh jahe siap untuk disajikan. (bbs/int)

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar