17 Agustus 2018

Cara Alami Mengobati Kencing Manis atau Diabetes


SolupL - Secara medis, kencing manis dikenal dengan istilah diabetes. Ini merupakan penyakit yang mempengaruhi metabolisme tubuh dan banyak diderita masyarakat Indonesia.

Biji Advokad.
Kencing manis ini terdiri atas 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe satu disebabkan oleh gangguan genetik organ pankreas sehingga harus menyuntikkan insulin, sedangkan tipe dua memiliki insulin, namun insulin tak mampu membawa glukosa agar dapat masuk kedalam sel-sel tubuh.

Ciri-ciri kencing manis antara lain: sering kencing, banyak makan, berat badan turun tiba-tiba dan lain-lain.

Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi seperti jantung, kebutaan, kelumpuhan dan gagal ginjal. Bahkan sangat mungkin penyakit-penyakit tersebut muncul sebagai akibat dari diabetes. Indonesia berada di posisi 4 dunia sebagai negara penderita kencing manis terbanyak.

Semua orang dapat terkena resiko diabetes ini, baik pria atau wanita, dari tua hingga muda, dari gemuk atau kurus. Penyakit yang menyebabkan banyak komplikasi ini sering dijuluki silent deases. Dominasi penyakit ini terjadi pada usiatua dan remaja karena gaya hidup tidak sehat.

Jika seseorang sudah terkena kencing manis, maka pengobatannya harus intensif dilakukan bersama dokter ahli. Tapi sesungguhnya, penyakit ini bisa dicegah dan diatasi secara alami, yaitu menggunakan tanaman-tanaman obat. Berikut beberapa cara alami mengobati kencing manis:

* Menggunakan Biji Advokad

Ambil biji advokad, panggang di atas api. Setelah agak lunak, lalu potong kecil-kecil. Potongan-potongan biji advokad ini kemudian direbus hingga mendidih dan airnya berubah jadi warna coklat. Setelah itu saring, dinginkan, lalu diminum sekaligus. Lakukan hal ini secara rutin, satu kali sehari sebanyak 1 gelas.

* Menggunakan Gadung

Umbi Gadung.
Umbi gadung dapat dimanfaatkan mengobati penyakit diabetes. Caranya: ambil dan cuci bersih 20 gram umbi gadung yang masih segar. Kemudian ambil 35 gram biji advokad. Rebus semua bahan ini dalam 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus pada saat hangat, 1 gelas sehari.

* Menggunakan Jambu Biji

Jambu Biji.
Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal, lalu potong-potong. Selanjutnya, rebus potongan jambu biji tersebut dalam 3 gelas air, biarkan hingga mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas. Saring airnya sebelum diminum. Minumlah dua gelas dalam sehari.

* Menggunakan Keji Beling

Keji Beling.
Rebus 50 gram daun keji beling yang masih segar alam 6 gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya tersisa 3 gelas. Setelah dingin, saring lalu minumlah air rebusan itu, 1 gelas sehari.

* Menggunakan Lamtoro

Lamtoro.
Seduh satu sendok teh bubuk biji lamtoro dengan 1/2 cangkir air panas. Minumlah air seduhan itu pada saat hangat-hangat, setengah jam sebelum makan. Lakukan hal ini dua atau tiga kali dalam sehari.

* Menggunakan Manggis

Kulit Manggis.
Ambil dua buah kulit manggis, buang kulit kerasnya lalu remas-remas kulit dalamnya. Campur dengan 1/2 gelas air hangat. Kemudian saring airnya, campur dengan madu. Minumlah 1-2 kali dalam sehari.

* Menggunakan Sambung Nyawa

Sambung Nyawa.
Cuci bersih 3 hingga 7 helai daun sambung nyawa yang masih segar. Lalu makanlah daun itu mentah-mentah seperti mengonsumsi lalap. Daun itu juga dibikin jus, ditumis atau dikukus sebelum dikonsumsi. *** (berbagai sumber/int)

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar