15 September 2016

Obat Tradisional Mengatasi Jantung Koroner

Kulit manggis.
Penyakit jantung koroner selalu menjadi momok menakutkan penderita. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tanpa kenal usia dan status sosial seseorang. Meskipun tekonologi kedokteran sudah canggih dan bisa mengatasi penyakit ini, sebaiknya setiap orang perlu mengetahui pengobatan terutama pencegahannya secara tradisional.

Menurut sumber-sumber tentang manfaat aneka tumbuhan terhadap kesehatan, berikut ini disarikan jenis-jenis tumbuhan atau tanaman yang bisa mengobati atau paling tidak mencegah penyakit jantung koroner:

1. Manggis

Sejumlah penelitian menyebutkan, kulit manggis mengandung senyawa yang disebut xanthone. Xanthone antara lain berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terapi untuk penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung sitemik dan hipertensi. Untuk mengobati jantung koroner, bagian yang dimanfaatkan dari manggil adalah kulitnya.  Caranya:

Dua buah manggil dikupas. Lalu kulit bagian dalamnya diambil, direbus dengan tiga gelas. Biarkan mendidih hingga air rebusan tingga separuh atau setengahnya. Setelah dingin, air rebusan diminum (bisa dicampur madu) sesuai keinginan.

2. Kayu Manis Cina

Ambil kira-kira 3 gram kulit kayu manis cina, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, ambil daun dewa kira-kira 13 gram. Kedua bahan ini diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin atau selagi hangat, minum air seduhan itu sekaligus. Lakukan hal ini sekali dalam sehari. Namun bagi wanita hamil atau sedang mengalami pendarahan, dilarang mengomsumsi ramuan ini sebab kayu manis cina mengandung sedkit racun yang bisa kontraproduktif dengan pertumbuhan janin. 
Kayu Manis Cina

3. Pletekan atau Ceplikan

Cuci bersih 2 pohon pletekan atau cepliken, termasuk akar, lalu direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring, dan ditambahkan dengan satu sendok teh madu. Minum air rebusan plus madu itu dua kali sehari setiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas.

4. Temu Putih dan Hitam

Temulawak putih.
Ambil 10 gram rimpang irisan temu putih yang sudah kering, dan 15 gram rimpang irisan temu hitam, 30 gram umbi daun dewa segar. Ketiga bahan itu direbus dalam 4 gelas air. Selama proses perebusan, sebaiknya nyala api dibuat sedang. Rebus hingga mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Minum air rebusan itu setengah gelas sebelum tidur. ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar