15 September 2016

Beberapa Tanaman Penurun Kolesterol


Di zaman modern yang sangat praktis, salah satu penyakit yang rentan diidap semua orang adalah kolesterol tinggi. Banyak faktor yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi, antara lain pola makan yang tidak sehat, makanan serba instan, juga kurangnya aktivitas olahraga karena kesibukan kerja.

Namun demikian, penyakit kolesterol tinggi sebenarnya bisa diantisipasi sejak dini, sebab di sekitar kita banyak tanaman atau tumbuhan yang bisa mencegah bahkan mengobati penyakit ini.

Dan bagaimanapun, obat tradisional tetap lebih aman digunakan ketimbang obat-obat medis. Berikut beberapa tanaman bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh:

1. Manggis

Ambil dua buah manggis, sisihkan atau konsumsi buahnya. Ambil kulit bagian dalam, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan kira-kira setengah gelas air, lalu diblender. Setelah itu, saring. Kemudian ditambahkan atau dicampur dengan gula aren. Lalu dinginkan dan nanti bentuknya akan membeku (mengental) serupa puding. Makan 1-3 kali sehari.

2. Alpukat

Alpukat dipercaya mampu mengatasi kolesterol karena kandungan asam pantotenat, asam folat, dan beragam vitamin lainnya yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Cara terbaik mengonsumsi buah alpukat adalah mengonsumsinya secara langsung, dengan cara mengorek daging buah dari kulit dengan sendok, lalu dikonsumsi apa adanya. Namun kebanyakan orang lebih menyukainya dalam bentuk jus.

3. Sambung Nyawa

Cuci bersih 3 helai daun segar, lalu konsumsi sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dibuat jus untuk diminum. Tentu, Anda harus menghindari makanan berlemak selama mengonsumsi ramuan ini. 


4. Belimbing manis

Buah ini dipercaya sebagai Obat tradisional kolesterol tinggi. Serat dari buah ini dapat membantu proses penyerapan lemak sekaligus menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Kandungan vitamin C dari buah ini juga memiliki efek positif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Belimbing manis juga berfungsi sebagai anti-kanker. Buah ini dapat dimakan secara langsung atau dijadikan jus.

5. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang kaya kandungan protein, air, serat, lemak, dan lain sebagainya yang bermanfaat secara positif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain sebagai sayur, kubus juga bisa diolah dan diambil sarinya. Caranya: potong-motong kubis dan mengambil sari dari bahan tersebut. Sari kubis bisa dikonsumsi setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. (int/**)
Bagikan:

1 komentar:

  1. Terima kasih informasinya, memang penting di jaman sekarang untuk menjaga tingkat kolesterol.

    BalasHapus

Terimakasih kunjungan Anda. Salam Literal...!