02 September 2016

Khasiat Senduduk Bagi Kesehatan


Senduduk merupakan tumbuhan yang sangat akrab bagi manusia, sejak generasi dulu hingga saat ini. Hanya saja, keberadaan tumbuhan ini perlahan-lahan menghilang karena derasnya modernisasi hingga ke desa-desa. Dulu, bagi anak-anak yang hidup di pedesaan, tumbuhan ini menjadi salah satu cemilan. Buahnya enak dimakan, manis dan empuk. Dan kisah itu tentu akan selalu menjadi kenangan yang indah.
Senduduk.
Tanaman ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di tanah Batak, misalnya, tanaman ini dikenal dengan sanduduk, harimonting atau harendong. Di daerah lain, ada yang menyebut senggani, kerimunting, kaduduk, keduduk, sikaduduk, sikaduduak, kluruk, kemanden dan lain-lain.

Nah, ternyata tumbuhan ini berkhasiat dan sangat berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Senduduk mempunyai beberapa kandungan kimia seperti saponin, tanin dan flavonoid, yang sangat berguna untuk mengobati hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid berlebihan, perdarahan pada bagian rahim, keracunan, berak darah, wasir darah, sariawan, dan lain-lain.

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber di internet, berikut dirangkumkan beberapa manfaat senduduk untuk kesehatan:

1. Obat Luka

Untuk mengobati luka, ambil beberapa helai daun senduduk pada bagian pucuk. Daun-daun muda itu lalu kunyah hingga lumat. Lumatan itu itu kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terluka, baik luka berdarah maupun luka bakar. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan terlebih dahulu mengeringkan daun senduduk. Setelah kering, dihaluskan dengan cara digiling hingga berbentuk serbuk. Serbuk itu ditaburi pada luka.

2. Obat Keputihan

Ambil daun senduduk kira-kira dua 2 genggam, jahe dan bengle masing-masing sebesar ibu jari. Bahan-bahan itu dicuci bersih, dipotong-potong memperkecil ukuran. Komposisi itu untuk 3 gelas air, lalu direbus hingga airnya tersisa dua gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring dan diminum segelas 2 kali sehari.

3. Obat Diare

Untuk mengobati diare, ambil daun senduduk muda sebanyak 1 genggam, tambah 5 g kulit buah manggis dan 3 lembar daun sembung. Setelah semua bahan dicuci bersih, rebus dalam satu setengah gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.

4. Obat Sariawan

Daun senduduk muda sebanyak 2 helai dicuci bersih, dibilas dengan air matang. Daun tersebut kemudian dikunyah. Untuk mengurangi rasa pahit, tambah sedikit garam. Sambil mengunyah, telan airnya, dan buang setelah menjadi ampas.

5. Obat Bisul

Senduduk juga bisa mengobati bisul. Rebus daun senduduk segar kira-kira 50 gram. Setelah dingin, air rebusannya diminum, ampasnya dikunyak atau dilumatkan, lalu dioleskan bisul, dan dibalut.

6. Obat Pendarahan

Biji senduduk sebanyak 15 g digongseng (goreng tanpa minyak) sampai hitam lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Itu sebagian khasiat senduduk bagi kesehatan. Tentu, bagi Anda yang tinggal di desa dan masih mudah menemukan senduduk, silahkan buahnya dimakan sesering mungkin, hal itu dapat mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan selalu fit. Semoga berguna.

Baca artikel sebelumnya: KISAH SENDUDUK, ANGGUR KENANGAN MASA KANAK-KANAK

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar