28 September 2016

Ulos Harus Dijadikan Warisan Kebudayaan Dunia


Ulos.
Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) khususnya orang Batak, harus berbangga dan ikut mendorong promosi ulos sebagai kekayaan budaya. Sebab, ulos akan segera dinobatkan menjadi warisan kebudayaan dunia asli Indonesia.

Harapan itu terungkap melalui Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto saat menerima Panitia Pameran Ulos Nasional di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 28 September 2016.

Setelah audiensi itu, Agus mengatakan bahwa kedatangan panitia tersebut bertujuan menyampaikan undangan kepada dirinya.

“Mereka ingin melaksanakan pameran ulos di Medan tanggal 17. Diundang, kalau ga berbenturan, Insya Allah saya datang,” katanya.

Meski belum bisa memastikan hadir pada acara pameran ulos dimaksud, Agus meyakinkan bahwa dia akan berusaha untuk mendeklarisakan ulos sebagai salah satu kekayaan budaya milik Indonesia di mata dunia. “Nanti saya akan hubungi Ketua Komisi X, ada hal semacam ini harus didorong, agar ulos jadi warisan budaya dunia,” tegasnya.

Agus ingin meminta Komisi X untuk terus mendorong Kementerian Kebudayaan agar mereka terus memperjuangkan ulos dinobatkan menjadi salah satu warisan kebudayaan dunia asli Indonesia.

Tidak hanya ulos, Agus juga berkeinginan  menjadikan beberapa jenis tenun ikat asli Indonesia menjadi salah satu warisan dunia. (bbs/int)
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar