27 Juli 2016

Obat Alami Sakit Gigi

Pedangdut Indonesia yang terkenal, Meggi Z, membuat perbandingan antara sakit hati dengan sakit gigi. Katanya: daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini. Meski seolah-olah sakit hati lebih sakit dibanding sakit gigi, sesungguhnya lirik lagu itu justru menegaskan bahwa sakit gigi memang teramat sakit. Sakit hati itu subjektif dan maya. Sakit gigi itu objektif dan nyata. Begitulah, sakit gigi sudah sejak zaman dulu menjadi momok menakutkan bagi setiap orang.

Banyak faktor yang menjadi penyebab orang menderita sakit gigi. Namun hal itu tak akan dibahas di sini. Sebab tidak ada sesiapapun di muka bumi ini yang ingin sakit giginya. Setiap orang pasti berupaya agar tidak terserang sakit gigi. Namun demikian, adakalanya sakit ini muncul karena alasan-alasan yang tidak terdeteksi. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah berobat.

Silahkan Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan obat sakit gigi yang dasar bersumber dari diagnosa dan ilmu kedokteran. Tapi ada baiknya Anda coba cara-cara tradisional berikut ini:

1. Jika sakit gigi Anda disebabkan oleh kondisi geraham yang sudah busuk dan berlobang, atau gusi bernanah, maka sebaiknya gigi tersebut dicabut. Coba Anda cari bunga widuri. Ambil akar atau batangnya, lakukan sesuatu seperti mengiris atau menumbuk agar getahnya keluar. Setelah mendapatkan getahnya, masukkan kira-kira 3 tetes ke gigi yang berlubang. Namun hindari agar gigi yang sehat tidak kena. Lakukan ini berkali-kali, semoga sakit gigi Anda sembuh.

2. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Sakit gigi akibat peradangan gusi, bisa diobati dengan kunyit. Ambil rimpang kunyit kira-kira seukuran ibu jari, bersihkan, lalu lumatkan dengan cara diiris-iris atau ditumbuk. Setelah itu, ambil gambir kurang lebih seukuran kunyit tadi. Rebus kedua bahan itu dalam 400 ml air atau sekitar 2 gelas. Rebus hingga airnya tinggal separuh atau 1 gelas. Setelah dingin, gunakan rebusan itu untuk kumur-kumur, antara 4-5 kali. Silahkan anda sesuaikan interval waktunya.

3. Jika sulit mendapatkan widuri, obat sakit gigi lain yang bisa diramu adalah terung kuning. Di beberapa daerah, terung ini dinamai terung bulat, terung pipih atau terung lonjong. Ketika masih muda, warna hijau seperti terung biasa. Tapi setelah tua, warnanya kekuning-kuningan, bentuknya bulat menyerupai tomat. Tapi ada juga yang pipih bahkan ada yang menyerupai jeruk. Untuk campuran resepnya, ambil daun sirih dan buah pinang. Bersihkan ketiga bahan itu, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan lumatan ramuan itu ke gigi yang sakit.

4. Tumbuhan atau bunga tapak kuda juga bagus untuk obat sakit gigi. Jika tidak bisa diperoleh langsung dari alam, tumbuhan ini bisa dibeli di toko rempah-rempah dalam wujud yang sudah dikeringkan. Untuk kebutuhan satu hari, ambil 150 gram akar tapak kuda kering, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 liter air. Biarkan mendidih hingga airnya hanya tinggal 3 gelas. Dinginkan. Minum satu gelas dengan dosis 3 kali sehari.

5. Jika gusi Anda perih dan bernanah, ambil bunga landak. Yang digunakan adalah daunnya. Ambil beberapa helai daunnya yang masih segar, tumbuk halus. Setelah itu peras untuk mendapatkan airnya. Gunakan cairan ini untuk mengoles bagian gigi yang sakit.

Sekian beberapa tips mengobati sakit gigi secara tradisional. Semoga Anda tidak sakit hati lagi, eh...semoga tidak sakit gigi lagi. Selamat mencoba! ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar