27 Juli 2016

Obat Tradisional Mengatasi Mimisan


Meskipun tergolong penyakit umum dan tidak berbahaya, mimisan kerap membuat orangtua khawatir dan panik karena berkaitan dengan darah. Siapa yang tak ngeri melihat darah? Oleh karena itu, setiap orangtua sebaiknya tenang dan bijak ketika menghadapi anak yang mimisan.


Alam kita telah menyediakan tumbuh-tumbuhan yang bisa mengobati mimisan dan siapapun bisa membuat resepnya. Berikut beberapa cara mengobati mimisan secara tradisional.

1. Minum rebusan akar ilalang

Ambil akar alang-alang dari huma atau lahan-lahan kosong di sekitar Anda. Setelah dibersihkan, tumbuk dan peras untuk mendapatkan airnya. Kemudian minumlah air rebusan itu 1 gelas sehari. Selain cara di atas, agar lebih praktis, daun alang-alang juga bisa direbus dengan perbandingkan 10 gram akar alang-alang untuk 1 gelas air. Misalnya, rebus 60 gram akar alang-alang, potong-potong lalu rebus dalam 6 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal setengah atau sekitar 2,5 gelas. Lalu dinginkan. Setelah itu minum satu gelas setiap haus.

2. Minum air daun sendok

Ambil kurang lebih 20 gram daun sendok yang masih segar, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu seduh atau campur dengan satu gelas air panas. Dinginkan. Lalu minum sekaligus.

3. Menyumbat hidung dengan daun sirih

Ambil beberapa helai daun sirih yang agak muda. Bersihkan. Karena daun muda masih lunak, cukup remas-remas agar getahnya keluar. Setelah itu gulung sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan, lalu tempelkan untuk menyumbat hidung anak yang mimisan.

 

Itulah tiga cara yang kiranya dapat kita dilakukan untuk mengobati mimisan. Namun demikian, selain mengobati mimisan, tiga tumbuhan di atas juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit-penyakit lain dengan cara dan penggunaan yang berbeda. Akar alang-alang, misalnya, bisa juga digunakan untuk menurunkan panas dan menghentikan pendarahan.

Sirih, sebagaimana sudah diketahui umum, bisa dimanfaatkan untuk menambah ketahanan gigi dan kebersihan mulut. Dengan rajin mengunyah sirih, itu akan membuat gigi kuat dan tidak keropos. Sirih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Cukup tumbuk daun sirih, lalu oleskan ke ketiak, dijamin bau Anda akan hilang. ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar