25 Juli 2016

Madu Berkhasiat Mengobati Flu

Flu menyerang seseorang karena berbagai faktor. Salah satunya adalah karena perubahan cuaca. Pada saat musim penghujan, misalnya, hampir setiap orang mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul di rumah atau di kantor.


Para ahli menyebutkan, kondisi itu akan menyebakan orang mudah terserang sakit pernapasan seperti flu. Itu terjadi karena orang-orang yang berkumpul bisa menyebabkan pertukaran kuman maupun virus.

Untuk mengatasi sakit menjengkelkan itu, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan rumahan. Contohnya, sup ayam hangat. Jika makanan ini diramu dengan bahan-bahan berkualitas mulai dari jenis sayurannya hingga kondisi daging ayam sebagai bahan baku, akan mampu mengencerkan lendir pada saluran nafas. Sejumlah ahli berpendapat, khasiat sup ayam bisa memberikan efek yang meringankan pada flu.

Meski masih belum bisa dijelaskan seberapa besar sup ayam menyembuhkan flu, namun kuah hangat dan rasa asin akan membantu mengeluarkan lendir. Hanya saja, sup harus dibuat dengan bahan yang kaya nutrisi, yakni ayam kampung dan wortel.

Obat lain untuk meredakan flu saat musim hujan adalah madu. Madu dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang disebabkan flu. Madu bahkan sangat efektif mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan batuk.

Caranya, aduk beberapa sendok madu manis dalam teh panas atau campur dengan air lemon. Hanya saja, madu bisa saja tidak menyembuhkan secara tuntas, apalagi kalau batuk sudah parah sehingga memerlukan antibiotik.

Berkumur air garam juga menjadi salah satu cara untuk meredakan tenggorokan. Sebab garam bisa membantu cairan menembus jaringan. Satu sendok teh garam dilarutkan dalam segelas air hangat, lalu dikumur-kumur. ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar