24 Juli 2016

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Barangkali, Tuhan menciptakan lebah sebagaimana langit dan bumi, seperti air dan api, seperti kehidupan itu sendiri: suka dan duka. Lebah juga menawarkan warna itu kepada manusia. Manis madunya. Menyakitkan sengatannya.


Tapi mari kita lupakan sengatan itu. Kita sebaiknya bersyukur bahwa kehadiran lebah membawa banyak manfaat bagi umat manusia, terutama untuk kesehatan. Bukan hanya madunya, tapi sarangnya juga sangat berguna. Berikut disarikan sejumlah manfaat madu.

Madu dapat menyembuhkan luka dalam lambung dan usus 12 jari. Minum madu secara teratur akan membantu kerja usus besar. Madu juga dapat menormalkan komposisi darah dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Ini yang menarik. Racun lebah juga ternyata banyak digunakan dalam pengobatan-pengobatan penyakit tertentu, seperti penyakit syaraf dan rematik. Tepung sari bunga yang ada dalam sarang madu mengandung semua unsur yang dibutuhkan oraganisme baik tumbuhan maupun hewan. Sebab kadar vitamin yang terkandung di dalamnya dapat mencegah pendarahan otak dan melindungi selaput mata. Hal ini masuk akal, sebab lebah adalah pemersari bunga dan juga pengisap nectar yang merupakan bahan baku pembentukan madu. Tepung sari bunga dalam sarang lebah dapat digunakan untuk mencegah pendarahan otak, melindungi kornea mata dan mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

Maka tak heran, saat ini banyak diproduksi obat-obat berbahan dasar madu yang sangat berguna bagi kesehatan. Dan sejak dulu, nenek moyang kita telah menggunakan madu sebagai bahan campuran untuk berbagai jenis jamu-jamuan.

Mengingat komposisi zat-zat yang dikandungnya, madu juga sangat bermanfaat untuk penyakit kekurangan darah karena mengandung berbagai mineral untuk membentuk hemoglobin.

Bagi penderita penyakit kronis seperti TBC, madu sangat cocok sebagai penyembuh, juga penambah kalori. Hal ini akan sangat membantu karena biasanya penderita TBC memiliki nafsu makan yang rendah.

Oleh karena itu, agar tetap mendapatkan tubuh yang ehat, sering-seringlah minum madu. Terutama bagi anak-anak, sebaiknya diberi minum minum madu satu sendok teh setiap hari. Selain menambahkan asupan vitamin dalam pertumbuhan anak, minum madu setiap hari akan menambahkan kesegaran dan ketahanan tubuh anak.

Namun, jangan sembarangan memilih madu. Usahakan mendapatkan madu asli, sebab madu asli dapat disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan bertahun-tahun, tanpa berubah warna. Madu yang dicampur dengan gula atau ditambah air, pasti akan berubah jadi asam.  Selamat menerapkan pola hidup sehat.***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar