15 Juli 2016

Obat Tradisional Menyembuhkan Batuk

Indonesia kaya dengan tumbuh-tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit. Dan kita tidak bisa menafikan khasiat obat-obat itu. Sebab, jika dipikir-pikir, zaman dahulu ketika para leluhur kita belum mengenal dunia medis modern, sesungguhnya, bahan-bahan dari alamlah yang dijadikan obat. Kali ini, disajikan berbagai obat tradisional yang kiranya bisa menyembuhkan batuk.

khasiat lidah buaya untuk kesehatan.
Lidah buaya. [Foto/INT]

1. Asam Jawa

Asam Jawa mengandung beberapa unsur bahan kimia yang berguna untuk menyembuhkan batuk. Caranya gampang. Ambil 30 gram daging asam jawa, cuci bersih agar tidak mengandung kotoran. Setelah itu, seduh dengan 600 ml air panas atau sekitar 3 gelas. Campurkan sedikit gula merah atau sesuai dengan tingkat kemanisan yang Anda sukai. Ini untuk kebutuhan satu hari. Dinginkan. Minum 1 gelas, 3 kali sehari.

2. Jahe Merah

Bagi Anda yang menderita batuk kering dan menahun, jahe merah bisa menjadi solusi yang mujarab. Ambil rimpang jahe merah kira-kira sebanyak ukuran mulut. Bersihkan, lalu kunyahlah seperti mengunyah permen karet. Hisap airnya dan telah. Lakukan berulang-ulang hingga tinggal serat, lalu buang seratnya. Lakukan ini 3 kali sehari, mudah-mudahan batuk Anda bisa sembuh.

3. Lidah Buaya

Tumbuhan ini sangat terkenal, terutama bagi kaum hawa yang kerap menonton iklan shampo merek tertentu. Ternyata, lidah buaya tak hanya bagus untuk pertumbuhan rambut. Untuk mengobati batuk, terutama batuk rejan, lidah buaya juga sangat baik. Rebus daun lidah buaya kira-kira seukuran 20 cm. Tapi sebelumnya, sisihkan dulu kulit dan durinya. Perebusan bisa dibubuhi dengan gula agar terasa masni. Setelah dingin, minum air rebusannya.

4. Mengkudu

Mengkudu berkhasiat mengobati batuk
Mengkudu. [Foto/INT]
Banyak orang tidak suka terhadap tumbuhan yang satu. Baunya memang tidak sedap. Tapi untuk kesehatan, buah ini sangat berkhasiat. Termasuk untuk mengobati batuk. Ambil dua buah mengkudu yang telah matang. Lalu parut. Campur dengan air matang agar kekentalannya berkurang. Campur dengan sedikit air cuka dan garam. Setelah itu, aduk hingga rata. Kemudian peras dengan kain bersih, atau bisa diperas dengan tangan dan ditampung pakai saringan. Minum air perasannya. Lakukan ini sekali sejari. 

5. Nenas Kerang

Nenas kerang juga sangat bermanfaat untuk obat batuk, terlebih bagi Anda yang menderita batuk bronchitis, batuk rejan, batuk berdahak.  Ambil kuntum bunga nenas kerang sekitar 30 gram, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hingga setengahnya. Setelah itu saring, lalu minum air rebusannya 3 kali sehari, ½ gelas sekali minum. Khusus untuk Anda penderita TBC, ambil daunnya sekitar 30 gram. Rebus dengan 3 gelas air, hingga rebusannya tinggal separuh. Lalu minum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Itulah beberapa obat alami untuk menyembuhkan batuk yang bersumber dari kekayaaan alam kita. Sesungguhnya masih banyak tumbuh-tumbuhan lain yang bisa menyembuhkan batuk dan akan dibahas pada artikel-artikel berikutnya. ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar