21 Juli 2016

Obat Alami Menyembuhkan Jerawat

Jika jerawat mampir di wajah seseorang, rasa tidak nyaman segera menjalar. Bagi para remaja, terlebih remaja putri, kehadiran jerawat bisa menghilangkan 50 persen rasa percaya diri. Penyakit yang tergolong ringan ini memang sangat menjengkelkan. Ia bisa merusak eksistensi sosial seseorang.

Jadi menjadi hal yang wajar jika setiap orang berusaha sebaik mungkin agar tidak jerawatan. Dan bagi yang jerawatan, berbagai upaya akan dilakukan untuk menghilangkannya.

Sejalan dengan perkembangan teknologi kesehatan, memang sudah mudah mendapatkan obat jerawat, baik di apotek maupun di toko-toko obat resmi. Namun, untuk menghindari dampak-dampak kimiawi yang tidak diinginkan, ada baiknya setiap orang mengetahui obat-obat alami yang bisa menghilangkan jerawat. Berikut ini diuraikan beberapa obat jerawat yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

A. Tomat


Siapkan sebiji tomat, besar atau kecil tak persoalan. Tapi usahakan yang kondisinya bagus dan segar. Lalu haluskanlah tomat tersebut seperti layaknya membuat jus. Setelah itu, campur dengan alkohol yang kadarnya berkisar 50-70 persen, aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan atau gosok-gosoklah wajah yang terkena jerawat dengan ramuan itu. Lakukan sesering mungkin.

B. Lengkuas dan temulawak


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kedua tumbuhan ini sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Khusus untuk jerawat, lengkuas dan temulawak harus dicampur dengan bahan-bahan lain. Meski agak rumit, tapi khasiatnya sangat bagus. Siapkan 20 gram lengkuas, lalu iris-iris menjadi satuan-satuan kecil. Kemudian ambil juga 20 gram temulak dan kencur 30 gram. Sebagai bahan tambahan, ambil daun jinten, asam jawa, pulasari dan daun teh, masing-masing 10 gram. Rebus semua bahan-bahan itu dalam 1.500 ml air hingga tersisa setengahnya. Saring setelah dingin lalu minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

C. Belimbing

 

Belimbing juga sangat bagus dijadikan obat jerawat. Tapi disarankan agar jenis belimbing yang dugunakan adalah belimbing wuluh. Ambil dan bersihkan buah belimbing wuluh 8-10 biji. Lalu tumbuk hingga halus, atau bisa juga diblender dengan menambahkan setengah gelas air. Ke dalam tumbukan belimbing itu, masukkan kira-kira setengah sendok garam. Aduk hingga rata. Lalu oleskanlah tumbukan belimbing itu ke wajah Anda, 3 kali sehari. Lakukan hal ini secara teratur hingga jerawat Anda sembuh.

Itulah beberapa tips mengobati jerawat secara alami. Semoga bermanfaat dan sebaiknya jaga kesehatan kulit wajah Anda agar tidak muncul jerawat-jerawat yang sangat mengganggu. ***
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar