31 Juli 2016

Obat Tradisional Menyembuhkan Borok Bernanah


Borok bernanah sering terjadi pada anak-anak. Itu karena anak-anak susah dikontrol dan tidak mengerti bahaya. Akibat lasak, misalnya, anak-anak bisa cedera. Lalu diobati. Belum lagi lukanya sembuh, kadang terluka lagi. Akhirnya terinfeksi dan bernanah.

Daun Sirih.
Sering juga terjadi, luka anak sudah hampir sembuh, tapi dalam proses menuju kesembuhan itu seringkali ditandai rasa gatal. Tanpa sadar si anak menggaruk, baik ketika jaga ataupun saat tidur. Tak jarang luka itu kembali berdarah. Bukannya sembuh, tapi malah bernanah.

Yang paling mengerikan, ketika anak terserang cacar air. Akibat rasa gatal, ia menggaruk-garuk bekas cacar itu tanpa sadar saat tidur dan akhirnya berdarah. Bekas-bekas cacar itu bisa bernanah. Jika sudah begini, pusing mencari obatnya.

Berdasarkan anjuran orang-orang tua, berbagai tips pengobatan dapat dilakukan tapi sembuhnya sangat lambat. Akhirnya, ditemukan obat tradisional mujarab. Berikut resep dan penggunaannya.

1. Kunyit

Ambil kira-kira 200 gram kunyit. Sebaiknya pilih kunyit yang rimpangnya berukuran besar agar mudah diparut. Cuci bersih terlebih dahulu. Lalu parut. Peras lumatan kunyit tersebut. Ambil airnya. Simpan di dalam botol kecil atau wadah yang bisa ditutup. Oleskanlah air perasan kunyit itu ke seluruh borok yang bernanah. Lakukan sekali dua jam secara rutin.

Untuk mempermudah pengolesan, Anda bisa ambil bulu ayam sehelai. Pakailah bulu ayam itu sebagai alat untuk mengoles. Hal ini bertujuan agar praktis dan terhindar dari bakteri atau virus yang mungkin melekat pada tangan. Hal itu juga berguna agar tangan Anda tidak berwarna kekuningan. Sebab getak kunyit yang melekat di kulit agak susah dibersihkan.

2. Sirih dan Belerang

Obat tradisional lainnya adalah sirih dan belerang (sulfur). Ambil 3 helai daun sirih, 50 gram belerang. Rebus kedua bahan itu secara bersamaan dalam 2 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan. Oleskan air rebusan itu ke bagian tubuh yang bernanah.

Lakukan setiap jam (sekali sejam). Jika borok anak berada di sekitar telapak kaki atau tangan, cukup rendamkan kaki atau tangan anak di dalam air rebusan tersebut. Jika dilakukan dengan disiplin, mudah-mudahan dalam waktu seminggu, borok bernanah akan sembuh. Demikianlah cara alami mengobati borok dan luka bernanah. Semoga bermanfaat. ***

TONTON VIDEONYA


Bagikan:

1 komentar:

  1. Trimakasih ataas pelajarannya..dan semoga bermanfaat buatvku

    BalasHapus

Terimakasih kunjungan Anda. Salam Literal...!