15 Juli 2016

Andai Jalan Tol Tembus ke Tepian Danau Toba

Bermimpi boleh. Berangan-angan juga boleh. Bagaimana mewujudkan mimpi itu?

Danau Toba
Itulah keinginan Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi, jalan tol dari Medan bisa tembus langsung ke tepian Danau Toba.Sebuah imajinasi merekah: naik kereta melintasi pegunungan dan lembah menuju Toba.Alangkah indahnya.

Menurut Gubernur, saat ini jalan tol Medan-Tebing Tinggi sudah dalam proses pembangunan. Dia berharap selanjutnya ada jalan tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar. Bila itu terealisasi, maka langkah berikutnya adalah membangun tol dari Pematangsiantar ke Parapat, Simalungun.


“Jalan tol Pematangsiantar-Parapat ini nanti mungkin ada masalah di pembebasan lahan karena harus tembus perbukitan,” katanya dalam acara Rapat Persiapan Kunjungan Wakil Presiden ke Danau Toba di Jakarta, Senin (20 Juni 2016).

T Erry mengatakan, Sumut merupakan provinsi pertama di Sumatera yang memiliki jalan tol. Pada 1986, pemerintah pusat membangun jalan tol Medan-Belawan sepanjang 33 kilometer. Saat ini kontraktor tengah mengebut penyelesaian dua pembangunan jalan tol. Selain Medan-Tebing Tinggi jalan tol lainnya adalah Medan-Binjai.

“Kalau keduanya selesai, jalan tol Sumut akan bertambah 85 km menjadi 120 km,” ujarnya. (bbs/int)

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar