03 Agustus 2016

Mengenal Zodiak Batak, Namanya Parmesa Na-12

Selama ini, masyarakat Indonesia hanya mengenal ilmu perbintangan dari peradaban Barat dan negeri Tiongkok. Tak terkecuali orang Batak, mereka lebih mengenal zodiak dan shio, padahal ada ilmu perbintangan milik mereka sendiri yang tak kalah menarik.


Zodiak dan shio merupakan dua hal yang erat kaitannya dengan astrologi, yakni ilmu perbintangan yang dipakai untuk meramal dan mengetahui nasib orang. Namun dua hal tersebut berasal dari negara-negara di luar Indonesia. Yunani dan Tiongkok adalah dua negara yang dipercaya kuat dalam soal ramalan melalui astrologi.

Nah, ternyata, ilmu perbintangan semacam zodiak juga ada dan dikeluarkan nenek moyang orang Batak sejak zaman purba, hanya saja kekayaan budaya ini tak pernah dirawat dan dipelajari lagi. Nama zodiak Batak adalah Parmesa Na-12 (Parmesa Na Sampulu Dua). Sekedar mengetahui dan mengingatkan ulang, berikut karakter manusia berdasarkan Parmesa Na-12, zodiak versi Batak:

- Marhumba: 9 Februari-10 Maret. Mudah beradaptasi, banyak akal, tapi pelupa.
- Mena: 11 Maret-12 April. Suka mengalah, lincah, tapi agak pelit.
- Gorda: 13 April-14 Mei. Agak cengeng, punya keingintahuan yang besar, memiliki sikap terbuka, dan pantang mundur.
- Marsoba: 15 Mei-16 Juni. Sabar, telaten, pandai berhemat, tapi bisa berbahaya kalau sedang marah.
- Nituna: 17 Juni-18 Juli. Orangnya tidak teguh pendirian alias plin plan, tapi bersifat terbuka terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.
- Morhara: 19 Juli-20 Agustus. Punya perasaan halus, suka menyendiri, dan senang foya-foya.
- Babiat: 21 Agustus-22 September. Punya sifat jujur, pemberani, dan terus terang. Meski begitu, ia gampang emosi.
- Hania: 23 Septermber-24 Oktober. Memiliki pribadi yang kritis dan selalu rapi dalam bekerja. Tapi kurang terbuka dalam menerima pendapat.
- Tola: 25 Oktober-26 November. Meski halus, namun ia tidak pernah tersinggung. Sulit beradaptasi.
- Martiha: 27 November-28 Desember. Punya semangat yang kuat tapi cenderung tertutup.
- Dano: 29 Desember-30 Januari. Cerdas, rajin, pemberani, tapi kadang sombong.
- Harahata: 31 Januari-8 Februari. Orang yang lahir pada zodiak ini tekun, pantang mundur, dan tidak mudah percaya pada orang lain.

Sistem penanggalan zodiak Batak di atas tidak sama dengan zodiak Yunani yang kita kenal. Namun demikian, masih ditemukan kedekatan tanggal sehingga Parmesa Na-12 bisa dipersamakan dengan zodiak. Demikian persamaannya, walaupun tanggal dan bulan tidak bisa sama persis:

Marhumba (Aquarius), Mena (Pisces), Gorda (Aries), Marsoba (Taurus), Nituna (Gemini), Morhara (Cancer), Babiat (Leo), Hania (Virgo), Tola (Libra), Martiha (Scorpio), Dano (Sagitarius). Harahata (Capricorn). (berbagai sumber).
Bagikan:

2 komentar:

Terimakasih kunjungan Anda. Salam Literal...!