24 Agustus 2016

Obat Alami Mengatasi Darah Tinggi


SolupL - Darah tinggi atau sering disebut hipertensi merupakan dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja keras mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Hipertensi merupakan faktor utama menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, gagal jantung, bahkan ginjal. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.

Meskipun demikian, obat seringkali diperlukan bila perubahan gaya hidup tidak efektif. Dan agar lebih aman, beberapa tanaman atau tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya.

Berikut beberapa tumbuhan dan tanaman yang dapat diolah menjadi obat mengatasi penyakit hipertensi atau darah tinggi:

1. Advokad


Advokad.
Caranya: Bagian yang digunakan adalah daun. Ambil 2-4 helai daun advokad segar, lalu cuci bersih. Lipat atau potong daun tersebut untuk mengecilkan ukurannya. Masukkan ke dalam gelas. Lalu seduh dengan air panas. Biarkan hingga dingin, lalu minum. Lakukan hal ini setiap hari.

2. Belimbing Manis

Caranya: Makan satu buah belimbing manis yang sudah matang, bisa juga yang masih hijau. Lakukan setiap hari setelah sarapan dan makan malam.

3. Belimbing Wuluh

Caranya: Ambil 3 buah belimbing wuluh, cuci bersih, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Potongan-potongan ini kemudian direabus dengan 3 gelas, lalu direbus hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu diminum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, hal ini bisa dilakukan 3 hari sekali atau dua kali seminggu.

4. Buni

Caranya: Ambil 30 butir buah buni, lalu dicuci bersih. Setelah bersih, buah-buah itu dikunyah sampai halus. Daging buahnya ditelan dan bijinya dibuang. Setelah selesai mengunyah dan menelan, minum 1 gelas air hangat. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam sehari.

5. Kunyit


Kunyit.
Caranya: Cuci bersih kunyit seukuran empu jari atau 1 1/5 rimpang. Parut kunyit tersebut lalu campur dengan satu sendok madu. Campuran diaduk, lalu diperas, dan diminum. Lakukan hal ini 2 atau 3 kali dalam sehari.

6. Mahoni

Caranya: Ambil 10 gram biji mahoni segar, lalu diseduh dengan 2 gelas air panas. Biarkan hingga dingin. Setelah dingin, saring. Air saringan pisahkan jadi dua bagian. Satu bagian minum pada pagi hari. Satu bagiannya lagi untuk malam hari.

7. Pandan Wangi


Pandan Wangi
Caranya: Cuci besih daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Potongan-potongan itu direbus dengan 500 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, air rebusan disaring, lalu diminum dua kali sehari pada pagi dan sore masing-masing 1/4 gelas. ***

Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar