01 Agustus 2016

Wajah Cantik dengan Semangka

Siapa yang tak kenal buah semangka? Dalam nomenklatur ilmiah, buah ini dinamai citrulus vulgaris. Buah ini sangat populer di masyarakat. Mendapatkannya juga mudah. Hampir seluruh supermarket atau toko-toko buah, pasti menyajikan semangka sebagai salah satu produk dagang andalan.


Selain rasanya manis, semangka mudah dicerna sehingga cocok bagi semua tingkatan usia. Menurut penelitian para ahli, di dalam buah semangka, terkandung bermacam jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B12 dan senyawa-senyawa kimia lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Nah, selama ini semangka dikenal sebagai makanan penutup seusai makan. Dan hampir semua orang tahu bahwa kelezatan semangka terletak pada daging buahnya yang manis. Itulah mengapa ia sangat cocok sebagai penyejuk dan penghilang rasa haus ketika dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas. Tapi ternyata, semangka bisa juga jadi obat untuk berbagai penyakit. Bahkan, bisa jadi sarana perawatan kecantikan, yaitu memperhalus kulit dan menghilangkan flek-flek hitam di wajah. Bagaimana caranya?

Beli buah semangka secukupnya, dan makan daging buahnya sebagaimana biasa. Jika selama ini kita membuang kulitnya, maka kali ini kulit itu dimanfaatkan. Kumpulkan kulit buah semangka itu, lalu jemur hingga kering. Proses pengeringan bisa memakan waktu beberapa hari. Tidak apa-apa. Kita butuh sedikit kesabaran dan kedisiplinan.

Setelah kulit semangka itu benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah menumbuk atau menggilingnya sampai halus, hingga menjadi seperti bubuk. Bubuk ini bisa disimpan selama beberapa hari sebagai persediaan.

Sebagai pelengkap ramuan, siapkan lidah buaya (1 batang) dan mentimun (1 buah). Haluskan atau blender keduanya menjadi jus. Lalu tambahkan 2 sendok bubuk semangka tadi ke dalam jus itu, aduk hingga rata. Ramuan kini selesai. Oleskan ramuan itu ke wajah secara merata sebagai masker. Biarkan 1 hingga 2 jam. Setelah itu, cuci dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini setiap dua hari, mudah-mudahan wajah Anda akan mulus dan flek-flek hitam akan terangkat. (bbs/net)
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar